Contoh Penerapan Barcode di Surat Tanda Terima Order

Barcode pada dasarnya adalah susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda, sangat sederhana namun sangat berguna, dengan kegunaannya untuk menyimpan data-data spesifik misalnya seperti kode produksi, tanggal kadaluwarsa, serta nomor identitas lingkaran konsentris atau tersembunyi dalam sebuah gambar.

Barcode dibaca dengan memakai sebuah alat baca optik yang disebut dengan barcode reader. Pada prinsipnya barcode reader hanyalah sebuah alat input biasa seperti halnya keyboard ataupun scanner namun peran manusia sebagai operator sangat minim dalam sisi Point of Sale. Penggunaan barcode sangatlah membantu dalam menganalisis data trend penjualan dengan sangat cepat.

Barcode digunakan untuk kebutuhan seperti pembuatan tiket, resep, inventori, tagihan dan lain-lain. Pada urusan tiket digunakan untuk lacak entri, masuk kembali dan keluar untuk acara, perjalanan, dan lainnya. Pada urusan resep bisa untuk cari pembelian dan faktur sebelumnya. Pada urusan inventori bisa melacak merchandise dan peralatan.

Contoh barcode menggunakan Barcodegen untuk PHP Codeigniter. 


Contoh resourcenya ada di sini: https://www.barcodebakery.com/en/download/php 


Comments

Popular posts from this blog

Addon untuk form input secara autocomplete text dengan typeahead.js

Tim Task-Force di Perusahaan