Contoh Dashboard Early Warning System Sederhana

Early Warning System (EWS) adalah sebuah sistem peringatan dini yang dapat diartikan sebagai rangkaian sistem komunikasi informasi yang dimulai dari deteksi awal, perhitungan atau pemantauan, dan pengambilan keputusan selanjutnya. Perlunya EWS ini adalah untuk melakukan tindakan pencegahan suatu hal sebelum sesuatu yang lainnya terjadi.

Contoh, kami punya kegiatan menerbitkan sebuah laporan atas suatu barang sebelum datangnya barang tersebut di pelabuhan. Untuk keperluan itu kami membuat dashboard untuk mengenali, mendeteksi atau meng-estimasi perhitungan datangnya barang. Nah, ini bisa memanfaatkan kumpulan data jadwal kegiatan inspeksi barangnya dan kumpulan data rata-rata waktu pengapalan dalam hitungan hari atau kami biasa sebut Sailing Days.

 

Jadi, sebuah dashboard yang kita butuhkan untuk keperluan itu kita bisa membuatnya seperti pada gambar di atas ini. Komponen-komponen pada dashboard-nya dapat berupa:

  1. Judul: Early Warning System untuk Dwelling Time.
  2. Sub judul:  Monitoring Proses Inspeksi menurut Kriteria Shipment by Sea dan Komoditas Border.
  3. Pilihan tombol load data: Load 7 hari, 14 hari, 30 hari.
  4. Pilihan rentang waktu load data: Range tanggal awal - akhir inspeksi
  5. Counter status proses yang diharapkan dideteksi: Estimasi Dwelling Time, Estimasi Tidak Dwelling Time, Warning: Proses FD, Warning: Rilis LS
  6. Datagrid: Tabel data berisi kolom informasi nama penerima barang, nomor order, negara muat, tanggal inspeksi, hitungan sailing days, status dengan blinking animation, dan tombol action untuk melakukan keputusan 

Comments

Popular posts from this blog

Tim Task-Force di Perusahaan

Addon untuk form input secara autocomplete text dengan typeahead.js