Contoh tampilan web yang merespon mobile screen

Layout ini menggunakan bantuan framework UIKIT v3. Itu tersedia di laman https://getuikit.com/ yang punya cukup banyak komponen interface yang bisa dipakai.

UIKIT dari getuikit.com ini adalah kerangka front-end yang ringan dan modular untuk mengembangkan antarmuka web yang cepat dan kuat. Berbagai komponen disediakan untuk pembuatan sebuah website apalagi sekarang makin dibutuhkan dukungan tata letak website yang diakses dari gadget mobile.

Oh ya bicara tentang kerangka front-end website. Kita bisa memilih UIKIT atau BOOTSTRAP. Berikut ini sedikit ulasannya.

Developer menggambarkan Bootstrap sebagai "HTML, CSS, dan JS sederhana dan fleksibel untuk komponen dan interaksi UI yang populer". Bootstrap adalah kerangka HTML, CSS, dan JS paling populer untuk mengembangkan proyek pertama yang responsif dan mobile di web. Di sisi lain, UIkIt dirinci sebagai "Kerangka front-end yang ringan dan modular untuk mengembangkan antarmuka web yang cepat dan kuat". UIkit memberi Anda koleksi komprehensif komponen HTML, CSS, dan JS yang mudah digunakan, mudah dikustomisasi, dan diperluas.

Bootstrap dan UIkIt termasuk dalam kategori "Front-End Frameworks" dari tumpukan teknologi.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Bootstrap adalah:
  • Preprosesor: Bootstrap dikirimkan dengan vanilla CSS, tetapi kode sumbernya menggunakan dua preprosesor CSS paling populer, Less dan Sass. Mulai dengan cepat dengan CSS yang sudah dikompilasi atau bangun di atas sumber.
  • Satu kerangka kerja, setiap perangkat: Bootstrap dengan mudah dan efisien mengukur situs web dan aplikasi Anda dengan basis kode tunggal, dari ponsel ke tablet hingga desktop dengan kueri media CSS.
  • Penuh fitur: Dengan Bootstrap, Anda mendapatkan dokumentasi yang luas dan indah untuk elemen HTML umum, puluhan komponen HTML dan CSS khusus, dan plugin jQuery yang mengagumkan.
Di sisi lain, UIkIt menyediakan fitur-fitur utama berikut:
  • KURANG - UIkit dikembangkan dalam KURANG untuk menulis kode yang terstruktur dengan baik dan dapat diperpanjang yang mudah dipelihara.
  • Komponen - Kumpulan komponen kecil dan responsif menggunakan konvensi penamaan yang konsisten dan bebas konflik.
  • Penyesuai - Gaya dasar UIkit dapat diperluas dengan tema dan mudah disesuaikan untuk membuat tampilan Anda sendiri.
  • "Responsiveness" adalah alasan utama mengapa pengembang mempertimbangkan Bootstrap atas pesaing, sedangkan "Complete GUI" dinyatakan sebagai faktor kunci dalam memilih UIkIt.
Bootstrap dan UIkit keduanya alat open source. Bootstrap dengan rating 134K GitHub dan fork 66K pada GitHub tampaknya lebih populer daripada UIkIt dengan rating14.7K GitHub dan garpu GitHub 2.11K.

Menurut komunitas StackShare, Bootstrap memiliki rekomendasi yang lebih luas, disebutkan di 7046 penggunaan oleh perusahaan & 1115 penggunaan oleh pengembang; dibandingkan dengan UIkIt, yang terdaftar di 45 penggunaan oleh perusahaan dan 9 penggunaan pengembang.




Comments

Popular posts from this blog

Tim Task-Force di Perusahaan

Addon untuk form input secara autocomplete text dengan typeahead.js