Geolocation dengan javascript dan library Leaflet


Geolocation adalah proses mendeteksi lokasi keberadaan kita menggunakan koneksi internet tepatnya pada saat kita menggunakan aplikasi web browser, seperti Chrome, Firefox, Safari atau sejenisnya. Geolocation ini dapat menggunakan script HTML5, javascript dan juga menggunakan Google Maps kita bisa menampilkan lokasi keberadaan kita pada peta di web.

Dengan menggunakan librari Leaflet kita dapat menghadirkan contoh pemetaan user yang mengakses website kita seperti gambar di atas. 

Leaflet ( https://leafletjs.com ) adalah pustaka JavaScript open-source terkemuka untuk peta interaktif yang ramah-mobile. Dengan berat hanya sekitar 38+ KB JS, ia memiliki semua fitur pemetaan yang paling dibutuhkan pengembang.

Nah, Untuk mendapatkan lokasinya bagi aplikasi PHP kita bisa dengan menanamkan script deteksi gelocation (latitude, longitude) seperti di bawah ini. Skrip PHP nya kita pakai uituk menghasilkan alaam IP nya saja dalu dari alamat IP itu kita kirim ke website lahanan http://ipinfo.io/ unduk mendapatkan detail lokasi. Tapi tidak sebatas teknik PHP ini sih. Kita juga bisa menggunakan HTML5 lainnya seperti pengertian geolocation di atas.

Comments

Popular posts from this blog

Tim Task-Force di Perusahaan

Addon untuk form input secara autocomplete text dengan typeahead.js