Engkripsi md5 pada SQL Server



MD5 adalah singkatan dari “Message-Direst Algorithm 5”. dan merupakan sebuah algoritma fungsi hash dari kriptografi yang di gunakan dengan hash value 128-bit.

MD5 telah di gunakan untuk berbagai macam keperluan dalam membangun keamanan sebuah sebuah aplikasi. khususnya MD5 Sering di gunakan untuk membantu validasi login pada sistem. penggunaan md5 dalam menyamarkan password yang tersimpan di database. agar menambah nilai secure pada sebuah sistem.

MD5 di kembangkan dan di rancang pada tahun 1991 oleh seorang yang bernama Ronald Rivest. untuk menggantikan fungsi hash sebelumnya, yaitu MD4.

Saya rasa untuk pengertian yang lebih lengkapnya lagi teman-teman bisa googling untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber.

Kegunaan MD5
Setelah kita mengenal sedikit pengertian dari MD5, sekarang kita akan membahas sedikit banyak nya kegunaan dari fungsi MD5 di dalam membangun keamanan sebuah aplikasi atau sistem informasi.

Biasanya MD5 di gunakan untuk meng-enkripsi data yang bersifat rahasia dan tidak ingin di ketahui oleh orang lain. contoh nya yang paling sering adalah dalam membuat sebuah login. biasanya data password pada database, akan di enkripsi terlebih dahulu. agar jika pun ada orang yang tidak bertanggung jawab yang masuk dan dapat melihat isi database, maka ia tidak akan bisa menebak password yang tersimpan di sana.(karena sudah di enkripsi dengan MD5).

MD5 sangat populer di kalangan back-end developer. untuk alasan keamanan.

Comments

Popular posts from this blog

Tim Task-Force di Perusahaan

Addon untuk form input secara autocomplete text dengan typeahead.js