Linux command line RSYNC untuk sinkronisasi files

Bagaimana cara melakukan penyalinan files atau direktori berisi files di sistem Linux dari satu server ke server lain ? ternyata ini dapat dilakukan dengan perintah RSYNC atau SCP.

Contoh kasusnya : saya mempunyai direktori “hpl” di lokasi /var/www/html/ pada server pertama (192.168.1.249) dan kedua (192.168.1.242). Kemudian mau menyalin isi direktori tersebut dari server pertama ke server kedua. Maka solusi penyalinan bisa menggunakan perintah di bawah ini:

cd /var/www/html
rsync -auv -e ssh --ignore-existing --progress hpl root@192.168.1.242:/var/www/html/hpl

Dengan skrip di atas sistem akan melakukan penyalinan isi folder Hpl ke folder Hpl di server tujuan (192.168.1.242) dengan menampilkan progress penyalinan di layar terminal, melalui jalur remote SSH, dengan hanya meng-update files atau menyalin file-file yang tidak ada saja di direktori kedua (ignore existing) dengan kata lain membiarkan files-files yang sudah ada sebelumnya. Hal ini ditujukan untuk tetap menjaga file yang berasal dari direktori tujuan. Jika kebutuhannya akan me-rewrite semua files ke folder tujuan maka bisa menghilangkan skrip –ignore-existing nya saja.

Comments

Popular posts from this blog

Tim Task-Force di Perusahaan

Addon untuk form input secara autocomplete text dengan typeahead.js